Tips Aman Hindari Begal, Tetap Berangkat Dan Tetap Pulang Dengan Selamat

1Maraknya aksi pembegalan di jalanan membuat keselamatan bikers terancam. Ini beberapa tips dari polisi agar terhindar dari aksi pembegalan. “Ada 16 tips yang dapat dilakukan untuk mengantisipasi tindak kriminalitas, seperti begal saat sedang di jalanan”.

Pertama, taati peraturan lalu lintas di jalanan dan lengkapi persyaratan kenderaan. Kedua, informasikan perjalanan ke keluarga atau teman. Perhatikan juga keadaan sekeliling saat berkendara. Keempat, simpan barang-barang berharga, seperti cincin, kalung dan jam mewah yang berkilau di dalam tas.

Kelima, hindari melintas di jalanan yang sepi dan gelap. Keenam, ingatkan teman apabila berboncengan untuk selalu bersikap waspada dan berhati hati.
Ketujuh, upayakan selalu bersama teman saat hendak mengendarai sepeda motor, minimal berdua. Delapan, simpanlah nomor ponsel atau kontak polisi agar bisa cepat menghubungi jika terjadi sesuatu di jalan.

Sembilan, jangan menelepon saat sedang berkendara. Sepuluh, ketahuilah kondisi rute jalan yang akan dilalui. Sebelas, bila ingin bertemu atau bercengkrama dengan teman, pilihlah tempat-tempat yang ramai.

Dua belas, apabila dibuntuti oleh empat orang atau lebih saat berkendara, waspadailah orang-orang tersebut. Tiga belas, menepilah di tempat keramaian saat laju kendaraan diberhentikan oleh yang tidak dikenal.

Empat belas, amati wajah dan ciri orang yang memberhentikan itu untuk menghindari terjadinya hal di luar kendali.

“Dan dua tips yang terakhir, jika takut untuk berhenti saat dihentikan oleh orang tidak dikenal, melajulah dengan kencang meninggalkan orang tersebut. Laporkan bila melihat, mendengar, mengetahui, atau bahkan mengalami ada aksi begal agar dapat ditindaklanjuti,” tutupnya.

Penulis : Fitri/Dias Piket CC

Publish : Ds/Humas