Amankan Eksekusi Lahan Tol, Kapolres Pasuruan Terjunkan Ratusan Anggota

IMG-20170331-WA0033Kepala Kepolisian Resort Pasuruan AKBP Muhammad Aldian, SIK., MH. menerjunkan ratusan personilnya untuk melakukan pengamanan eksekusi lahan untuk proyek Jalan Tol Gempol-Pasuruan yang sempat mengalami sengketa, kemarin pagi, Kamis (30/03/2017).

Selain anggotanya, tenaga pengamanan juga diperbantukan dari unsur Muspika Beji, TNI, Satpol PP, Panitera, Kesehatan, PLN, Damkar, dan tenaga angkut dari Masyarakat sekitar.

Eksekusi lima bangunan milik warga di Dusun Kepuhrejo, Desa Gununggangsir, Kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan tersebut berjalan lancar tanpa adanya perlawanan dari para pemilik bangunan.

IMG-20170331-WA0037Petugas eksekusi hanya memindahkan sebagian perabot saja dari dalam rumah, karena para pemilik bangunan telah lebih dulu memindahkan barang-barang berharga miliknya.

Dalam eksekusi ini, 2 alat berat diturunkan untuk meratakan bangunan-bangunan yang berdiri di lahan tersebut. Sebelumnya para penghuni bangunan ini telah diberikan peringatan dari penggugat.

Kapolres Pasuruan melalui Kabag Ops Polres Pasuruan KOMPOl Subadar mengatakan, prosesi eksekusi ini diupayakan pihaknya tidak terjadi kontak fisik yang dapat menimbulkan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM).

“Kami lakukan pengamanan dengan cara persuasif atau pendekatan kepada penghuni lahan tersebut saat eksekusi ini, sehingga termohon maupun pemohon tidak akan anarkis dalam proses eksekusi” ujar awal kepada Tribrata News Pasuruan.

IMG-20170331-WA0035

Sebelum pelaksanaan eksekusi lahan tersebut, juru sita Pengadilan Negeri Bangil, terlebih dahulu membacakan putusan untuk mengosongan lahan milik Supardiyanto, Rony, Sulita, Sudarwati, dan Suliani yang merupakan pemilik lahan sebelumnya.

IMG-20170331-WA0038Serangkaian kegiatan mulai dari pembacaan putusan sampai dengan pelaksanaan eksekusi lahan, Polisi mengawal ketat sampai dengan selesai pelaksanan eksekusi. Kemudian setelah berkoordinasi dengan para penghuni maupun pihak tergugat, akhirnya seluruh rangkaian pelaksanaan eksekusi pengosongan lahan tersabut berjalan dengan aman, lancar, dan kondusif.

Penulis : Clara / Humas

Publish : Clara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>