APEL GELAR PASUKAN DALAM RANGKA PERSIAPAN PAM PILKADES TH. 2015 DI WILAYAH KAB. PASURUAN

CApel Gelar Pasukan dalam rangka kesiapan pengamanan Pilkades serentak tahun 2015 diwilayah Kabupaten Pasuruan hari ini telah digelar yaitu  Selasa, taggal 24 Nopember 2015, jam 08.00 Wib, di Alun-Alun Bangil Kab. Pasuruan , pimpinan Apel gelar Pasukan dijabat oleh Kapolres Pasuruan AKBP SOELISTIJONO, S.I.K., MH.  pejabat yang diundang dan ikut hadir dalam acara tersebut yaitu seluruh Forpimda Kab. Pasuruan atau yang mewakilinya , para Kepala Instansi terkait Kab. Pasuruan,  para Kabag, Kasat, Perwira Staf  dan seluruh Kapolsek jajaran Polres Pasuruan , dan juga ikut hadir  Kapolres Pasuruan Kota   AKBP YONG FERRYDJON, S.I.K., M.H.,  bersama para pejabat Polres kota Pasuruan ,   dan juga di undang  seluruh Camat Kab. Pasuruan ,  serta para Komandan Koramil seluruh Kab. Pasuruan.

Untuk Pasukan Apel yang ikut dalam gelar tersebut antara lain satu regu Korsik dari Pemkab  Pasuruan, 1 Pleton gabungan Polisi Militer ( PM) , 1 Kompi Gabungan TNI ( Kodim 0819 Pasuruan dan Marinir ), satu Kompi Gaungan Anggota Polres Pasuruan ( Dalmas Sabhara Polres ,  Dalmas gabungan Polsek dan anggota Reskrim dan Intelkam ) 1 Kompi gabungan anggota Polres Kota Pasuruan , 1 Kompi gabungan Dishub dan Satpol PP Kab. Pasuruan  dan 1 Kompi gabungan Linmas Kab. Pasuruan, Disamping itu seluruh kendaraan dinas  Roda 4 dan Roda 2 milik Polres dan Polsek jajaran  telah dilibatkan dalam dalam giat apel tersebut .

Dalam pelaksaan Apel dimulai dari Penghormatan umum kepada Pimpinan Apel dan selanjutnya dilakukan pemeriksaan Pasukan apel yang dilakukan pimpinan apel dan didampingi oleh Undangan Forpimda dan selanjutnya pimpinan apel membacakan amanatnya yang intinya yaitu :

  • Apel gelar pasukan ini dilaksanakan untuk mengecek kesiapan personil dan kelengkapan sarana prasarana Polri beserta unsur terkait lainnya , sebelum diterjunkan ke lapangan . dengan demikian diharapkan, semua perencanaan yang telah dipersiapkan dapat berjalan dengan optimal dalam rangka mensukseskan pengamanan Pilkades serentak di wilayah Pasuruan tahun 2015 yang diselenggarakan di 14 Kecamatan wilayah hukum Polres Pasuruan dan di 7 Kecamatan di wilayah hukum Polres Kota Pasuruan yang keseluruhannya terdapat 49 Desa / TPS yang menyelenggarakan Pilkades.
  • Dalam rangka menjamin stabilitas kamtibmas selama berlangsunnya Pilkades , Polri bersama instansi terkait lainnya melaksanakan pengamanan dengan mengedepankan kegiatan Preemtif dan preventif yang didukung kegiatan Intelijen, penegakan hukum dan kuratif dalam rangka mengamankan pemilihan Kepala Desa di wilayah Kab. Pasuruan.
  • Sehubungan dengan pelaksanaan pengamanan Pilkades tersebut yang akan dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 28 Nopember 2015, maka Dalam Implementasinya, akan dilakukan penggelaran fungsi-fungsi Kepolisian dilapangan dalam bentuk satuan tugas tingkat Polres dan Polsek yang melibatkan sebanyak 902 ( sembilan raus dua ) personil  Polres dan Polsek jajaran diwilayah Polres Pasuruan dan Polres Kota Pasuruan serta dari BKO Brimob Polda Jatim sebanyak 2 SSK ( 200 Pers) , dengan bantuan perkuatan Personil TNI dan Personil Linmas serta Instansi terkait lainnya untuk mengamankan jalannya Pilkades serentak diwilayah Kab. Pasuruan.
  • Mencermati tantangan tugas dalam pengamanan tersebut, maka Polri menerapkan Pola Pam di TPS yang terbagi menjadi 2 yaitu untuk TPS aman ( 1 TPS   12 Polri ,  9 TNI,  dan 10 Linmas ) Untuk TPS Rawan  ( 1 TPS  20 Polri, 9 TNI, dan 10 Linmas) ,
  • Kapolres memerintahkan kepada seluruh jajaran Polri Polres Pasuruan untuk mengawal dan mengamankan seluruh tahapan Pilkades dengan sebaik-baiknya sampai dengan tahapan pelantikan nantinya , utamanya tahap Pungut dan Hitung Suara di TPS , serta berupaya mewujudkan terciptanya situasi Kamtibmas yang kondusif agar memberikan rasa aman kepada masyarakat serta menjamin masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya sesuai dengan hati nuraninya.

Apel gelar Pasukan berjalan dengan tertib dan lancar, selanjutnya di tutup dengan doa yang dibacakan oleh tokoh Ulama yaitu Ketua MUI Kab. Pasuruan  KH. NURUL HUDA MUHAMMAD. (humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>