CARA MENGETAHUI DAN MENGHINDARI HOAX (BERITA PALSU)

WhatsApp Image 2017-12-03 at 05.52.33

 

Perkembangan dunia IT dan informasi selain membawa dampak positif, ternyata juga membawa dampak negatif terhadap tingkah laku masyarakat. Dan salah satu contoh negatifnya yang paling meresahkan belakangan ini yaitu mulai munculnya berita HOAX atau berita palsu.

Apa itu berita HOAX?
Merupakan Berita palsu, informasi bohong, dan hanya karangan atau kabar tidak benar. Berita hoax ini biasanya di tujukan untuk menjatuhkan nama baik seseorang, memprofokasi, memfitnah dan menjelekkan orang lain demi kepentingan si pembuat berita (hoax) tersebut.

Apakah anda tau apa dampak negatifnya? Ya berita hoax juga membawa dampak yang kurang lebih sama dengan fitnah, hanya skala serta dampaknya jauh lebih besar dan luas. Karena biasanya menyangkut seseorang tokoh besar, organisasi bahkan kelompok ataupun golongan tertentu.
Berita hoax dan berita palsu ini bisa menjadi salah satu pemicu munculnya perselisihan, keributan, juga menyebarkan kebencian. Dalam beberapa kasus ekstrim bahkan bisa menyebabkan sebuah negara hancur.

Cara Mudah Menghindari Berita Hoax Atau Berita Palsu :

1. Perhatikan Sumber Berita
Setelah membaca baik yang berasal dari media sosial, buku , atau dari manapun terutama internet, sebelum anda mempercayai isinya sebaiknya anda coba cari tau dulu dari mana asal sumber informasi tersebut berasal.
Berita abal abal dibuat berdasarkan karangan pelakunya bukan berdasarkan fakta yang ada sehingga sangat mungkin berita tesebut tidak memiliki sumber yang jelas. Isi tulisan biasanya tidak kredibel dan cenderung memihak pada satu pihak tertentu, atau di sisi lain tulisannya mungkin bersifatĀ  menjelek jelekkan atau menjatuhkan pihak lain.

2. Jangan Terlalu Percaya pada Foto dan Video yang Anda Lihat
Biasanya orang cenderung mudah sekali di bohongi dengan foto dan video editan. Meskipun tampak sangat meyakinkan, Jangan mudah percaya dahulu terhadap foto atau video yang anda lihat di media sosial ataupun di internet. Karena foto dan video tersebut bisa saja sudah di manipulasi, di edit, atau dirubah demi untuk tujuan pembuatan berita hoax tersebut, terlebih saat ini manipulasi foto dan video bukan lagi menjadi hal yang sulit dilakukan dengan dukungan teknologi.
Bahayanya lagi untuk seorang yang sudah sangat ahli dalam hal editing foto dan video, mampu membuat foto editan yang sudah tidak bisa lagi di bedakan lagi oleh orang awam.

3. Baca Keseluruhan Isi Berita
Judul serta deskripsi (cuplikan tulisan) belum tentu bisa menjelaskan inti berita yang sebenarnya. Apalagi di media online semakin banyak Judul dan deskripsi berita yang bersifat provokatif yang sering sekali sengaja dibuat oleh pembuat berita untuk menarik minat dan rasa penasaran dari pembaca. Jadi sebelum membuat asumsi terhadap suatu berita sebaiknya anda lihat dahulu isi beritanya, baca sampai selesai dan ambil sisi positifnya saja.

4. Cari dan Bandingkan dengan situs lain
Nah ini adalah cara lain untuk memastikan berita apakah benar atau tidak.Jika anda merasa sebuah berita itu penting maka carilah di lebih dari satu sumber berita jangan hanya satu.
Misal anda baca tulisan A di situs A, coba anda cari dengan judul yang sama di google apakah ada situs lain yang juga menerbitkan berita yang sama, dan kalau bisa yang di jadikan rujukan adalah situs berita besar, televisi dan media masa yang sudah terbukti kredibilitas nya.
Logikanya kalau di TV yang notabene media masa terbesar saja tidak ada beritanya, tidak mungkin lah berita yang dibuat media kecil seperti website dan media sosial terjamin kebenaran isi informasinya.

5. Sebaiknya Bersikap Netral Terhadap sebuah Berita
Sekarang ini tangan lebih cerewet di media masa, kadang saat ada yang merasa kurang suka terhadap seseorang lalu membuat tulisan hanya berdasar asumsi yang tidak teruji kebenarannya. Dan lagi pembaca yang berasal dari golongan yang merasa pendapatnya sama juga kurang hati hati dalam membagikan informasi apa yang diperolehnya tanpa tau informasi itu sebenarnya berasal dari mana.
Jadi sebaiknya netral saja terhadap sebuah informasi atau berita.

6. Hati hati Membagikan Yang Anda Baca
Saya paling takut untuk membagikan tulisan terutama yang berasal dari internet dan media sosial, kenapa? Karena saya takut jika informasi yang saya bagikan itu salah dan saya ikut dosa karena ikut membagikannya. Jadi anda juga harus lebih berhati hati dalam membagikan sebuah tautan atau tulisan yang anda baca di internet atau di media masa.

7. Kritis dan Cuek
Bersikap kritis ketika mendapatkan sebuah berita akan menjadi perlindungan yang efektif untuk anda terhindar dari berita hoax. Cerdaslah dalam menyaring informasi mana yang berguna dan mana informasi yang tidak membawa manfaat untuk anda.
Terkadang bersikap sedikit cuek dalam menyikapi sebuah informasi yang kita terima bisa membuat kita berfikir lebih rasional. Kenapa? karena kadang kita tidak bisa bersikap objektif terhadap sesuatu yang kita suka. Misal kita dapat berita A yang isinya sesuai dengan apa yang kita suka jadi kita percaya, padahal belum tentu berita tersebut benar. Begitu juga sebaliknya.

Kesimpulan
1. Berita hoax sangat berbahaya dan juga merugikan bagi kita semua. Jadi sebaiknya berhati hati dalam mempercayai sebuah berita.
2. Jangan terlalu mudah percaya pada berita karena bisa jadi berita yang kita baca tersebut adalah berita yang hanya karangan yang dibuat seseorang demi keuntungan pribadi orang atau golongan tertentu.
3. Jangan mau di adu domba dan di pecah bela oleh pihak yang hanya ingin mengambil keuntungan semata.

 

PenulisĀ  : Bripda Hanun Piket CC

Publish : Piket CC