Ciptakan Stabilitas Kamtibmas Yang Aman Dan Kondusif, Polres Pasuruan Gelar FGD (Focus Group Discussion) Tiga Pilar Plus

WhatsApp Image 2018-02-28 at 12.51.41Kebutuhan akan pentingnya terwujudnya stabilitas kamtibmas yang kondusif tentunya tidak hanya menjadi keinginan dari aparat penegak hukum. Dalam hal ini dan pagi ini (28/02/2018) bertempat di Ruang Eksekutif Polres Pasuruan dengan dipimpin langsung oleh Kapolres Pasuruan AKBP Raydian Kokrosono, S.I.K. melaksanakan giat FGD (Focus Group Discussion) Tiga Pilar Plus Dalam Rangka Menciptakan Stabilitas Kamtibmas di Wilayah Hukum Kab. Pasuruan.

Dalam kegiatan tersebut di hadiri 50 undangan baik dari TNI, Pemda maupun para ulama atau tokoh masyarakat yang tepatnya di wilayah hukum Polres Pasuruan.

Dalam diskusi tersebut Kapolres Pasuruan selaku pimpinan tertinggi di Polres Pasuruan berkesempatan untuk memberikan sedikit arahan terkait Mapping potensi gangguan Kamtibmas Pilkada 2018, Terorisme, Isu sara, orang dengan gangguan jiwa dan berita Hoax. Isu sara yang meresahkan masyarakat terkait kebangkitan PKI, yang khususnya di Kab. Pasuruan tidak ada kebangkitan PKI karena Polri selalu bersinergi dengan para tokoh ulama/masyarakat melalui Program Pas Mantab.WhatsApp Image 2018-02-28 at 12.57.42

Menyampaikan terkait kejadian di Sukorejo yang dialami Gus Tabah merupakan bukan penyerangan dan orang yang mendatangi adalah masih kerabatnya dan mengalami Depresi / Orang Dengan Gangguan Jiwa sejak tahun 2015 dari rekam medis RSJ Lawang.

Upaya – upaya yang dilakukan Polri dalam menciptakan situasi Kamtibmas dengan cara antara lain : melakukan sambang dan silaturahmi kepada tokoh agama dan Masyarakt, melaksanakan razia gabungan orang dengan gangguan jiwa di jalanan yang barada disekitar tempat Pondok Pesantren, tempat ibadah untuk di data dan bawa ke Dinsos Kab. Pasuruan.

Agar para tokoh agama, tokoh masyarakat dan media baik online maupun cetak untuk bisa membantu Kepolisian dalam menangkal dan melawan berita hoax. Berharap kedepan para Alim Ulama untuk menyampaikan kepada para jama’ah dan masyarakat untuk tidak terprovokasi dan tetap tenang, serta kepada stake holder media memberikan agar meberikan info dan berita yang sejuk agar situasi tetap kondusif.

WhatsApp Image 2018-02-28 at 12.57.52

Tidak hanya Kapolres Pasuruan saja yang memberikan arahannya kepada para tamu undangan, melainkan Dandim yang dalam kesempatan kali ini diwakili oleh Kasdim, para Ulama atau yang mewakili dan para tokoh masyarakat juga memberikan arahan terkait isu-isu yang belakangan ini sedang marak diwilayah hukum Polres Pasuruan.

Kami berharap para kyai atau ulama dan masyarakat harus tenang dan bisa membentengi diri sendiri dengan meningkatkan pam Swakarsa. Selain itu juga para Stake Holder bisa menjadi media informasi dan pencerahan kepada masyarakat agar terciptanya situasi yang kondusif.

WhatsApp Image 2018-02-28 at 12.51.19

Apabila ada orang yang dicurigai atau berperilaku yang aneh agar cepat melaporkan ke pihak berwajib (Polisi), hindari persekusi atau main hakim sendiri.

“Insa’alloh kami akan selalu bersama – sama dengan Tiga Pilar Plus untuk menjaga situasi yang kondusif sehingga Pilkada 2018 dan Pemilu 2019 dapat berjalan dengan aman, lancar dan terkendali”, akhir Kapolres dalam diskusinya.

 

Penulis : Indri / Humas

Publish : Indri