Demi 20 Ribu Rupiah, Seorang Pemuda Nekat Jadi Kurir PIL SETAN

DSC01758Petugas Unit Res Narkoba Polres Pasuruan yang dipimpin oleh Kanit Busernya IPDA AGUS PURNOMO, SH. beserta 3 (tiga) orang anggotanya Pada hari Senin (30/05/2016) sekira jam 17.00 WIB  di dalam sebuah rumah temannya (teman pelaku) yang termasuk Jln. Duyung No.42 Kel. Dermo Kec. Bangil Kab. Pasuruan, telah berhasil melakukan penangkapan terhadap seorang pelaku sebagai Penjual / Pengedar sediaan farmasi berupa Tablet, Pelaku yang ditangkap tersebut bernama SALMAN (Laki-laki, 22 tahun, Kuli Bangunan, Dsn. Talang  Ds. Slambrit Kec. Kraton Kab. Pasuruan).

Untuk kronologi penangkapannya, petugas mendapat informasi dari masyarakat disekitar Kel. Dermo Bangil bahwa ada seseorang yang sering menjual / mengedarkan sediaan farmasi berupa Tablet, selanjutnya petugas langsung melakukan pengintaian dan pembuntutan kepada pelaku, dan ketika petugas berhasil memastikan bahwa benar adanya, maka petugas langsung melakukan penggerebekan terhadap pelaku yang saat itu sedang hendak mengantar pesanan sediaan farmasi kepada pelanggannya, namun saat menunggu pelanggannya pelaku menunggu dikediaman temannya yang tak jauh dari tempat janjian, saat melakukan penangkapan petugas juga berhasil mengamankan barang bukti dari tangan pelaku antara lain : 93 (sembilan puluh tiga) butir Tablet warna Putih logo Y, dan 1 (satu) unit Handphone merk Sambung warna Hitam, selanjutnya pelaku beserta barang buktinya langsung digiring menuju Mapolres Pasuruan untuk proses penyidikannya.

Saat dilakukan pemeriksaan, pelaku a.n SALMAN mengaku benar dirinya telah menjadi pengguna aktif sediaan farmasi berupa Tablet tersebut dan selain itu pelaku juga mengaku menjadi  Penjual/Pengedar kepada orang-orang yang membutuhkannya sejak 2 (dua) bulan terakhir dan akhirnya tertangkap tersebut. Dan pelaku mendapat pasokan Tablet / Pil sediaan farmasi tersebut dari Bandar yang beralamat diwilayah Kraton Pasuruan Kota (saat ini menjadi DPO Polres Pasuruan) dengan cara pelaku mengambil di Rumah Bandar yang sebelumnya sudah SMS lewat HP, dan Pelaku setiap melakukan transaksi jual-beli sediaan farmasi berupa Tablet / Pil logo Y Pelaku mendapatkan untung bersih sebesar Rp 10.000,- s/d Rp 20.000,- selanjutnya untuk proses penyidikannya lebih lanjut pelaku saat ini di tahan di rumah tahanan Mapolres Pasuruan dan pelaku Pelaku dijerat dengan UU RI No. 36 tahun 2009 tentang kesehatan dengan ancaman hukuman maksimal 10 tahun penjara, “Ujar Kasubbag Humas Polres Pasuruan AKP M.D. YUSUF, S.H., M.M. / (humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>