DUA PELAKU SEBAGAI KURIR DAN BANDAR SABHU DI CIDUK TIM BUSER RESNARKOBA POLRES PASURUAN

SAM_6838Petugas Unit Reskoba Polres Pasuruan yang dipimpin oleh Kanit Idik IPDA AGUS PURNOMO, S.H. beserta 4 orang anggotanya pada hari Selasa tanggal 26/01/2016 jam 20.30 WIB, telah berhasil melakukan penangkapan terhadap 2 orang pelaku penyalahgunaan Narkotika Gol I jenis Sabhu dan ke 2 (dua) pelaku yang ditangkap bernama SLAMET WIBISONO (Laki-laki, umur : 52 tahun, Pekerjaan : Penjaga Tambak, Alamat : Abdi Agung Rt.02 Rw.01 Ds.Tambakan Kec.Bangil Kab.Pasuruan/ KURIR NARKOBA) dan DAHLAN SAYUTI  (Laki-laki, umur : 44 tahun, Pekerjaan : Tukang Ojek, Alamat : Mujaer Gg.Klotok Kel.Kauman Kec.Bangil Kab.Pasuruan / PENGEDAR NARKOBA).

Untuk kronologi penangkapannya yaitu petugas sebelumnya mendapat informasi dari masyarakat bahwa pelaku yang bernama SLAMET WIBISONO (identitas pelaku sebagai Kurir Sabhu) sudah sering mengedarkan Narkoba jenis Sabhu, selanjutnya petugas langsung melakukan pengintaian dan pembuntututan kepada pelaku dan petugas saat itu mendekatinya  dengan cara berhubungan lewat Telpon HP dan menyamar sebagai pengguna Narkoba yang sedang katagihan dan akan membeli barang Narkoba berupa Sabhu dan pelaku dipastikan akan menjualnya dan disuruh datang sesuai dengan tempat janjian yaitu  di pinggir jalan tepatnya Kel.Kersikan Kec.Bangil Kab.Pasuruan dan disitulah petugas  langsung melakukan  penangkapan terhadap pelaku dan berhasil menyita barang bukti dari tangan pelaku berupa 1 (satu) kantong plastik kecil berisi serbuk kristal warna putih Narkotika Gol.1 jenis Sabhu dengan berat 0,2 (nol koma dua) gram dan 1 (satu) unit HP merk Samsung warna Samsung, selanjutnya pelaku beserta barang buktinya diamankan oleh petugas.

Saat pelaku SLAMET WIBISONO dilakukan pemeriksaan oleh petugas di TKP, pelaku mengaku benar dirinya telah membawa narkotika jenis sabhu yang akan diantar (karena pelaku hanya sebagai kurir Sabhu) ke pembeli dari pelanggan seorang bandar yang menyuruhnya ke daerah Kersikan, pelaku juga mengaku juga sebagai pemakai aktif Sabhu tersebut baru 6 bulan terakhir dan Sabhu tersebut didapatnya dari Pelaku sebagai Bandar atas nama DAHLAN SAYUTI (identitas pelaku diatas sebagai Bandar) pelaku nekat jadi kurir karena tergiur upah dari Bandarnya, dari hasil pengembangan dan pemeriksaan kasus tersebut, anggota Reskoba Polres Pasuruan langsung melakukan pengejaran kembali terhadap pelaku DAHLAN SAYUTI dengan cara petugas langsung menuju rumah pelaku yang berada di Jl.Mujaer Gg.Klotok Kel.Kauman Kec.Bangil Kab.Pasuruan pada pukul 21.30 Wib karena petugas mengetahui pelaku sedang berada di dalam rumah tersebut.

Setelah berada di dalam rumah pelaku DAHLAN SAYUTI, kemudian petugas langsung melakukan penangkapan dan penggerebekan terhadap DAHLAN SAYUTI, dan petugas menemukan barang bukti dari tangan pelaku berupa 2 (dua) kantong Plastik kecil berisi Narkotika Gol.1 jenis Sabhu dengan berat masing-masing 0,4 (nol koma empat) gra dan 0,2 (nol koma dua) gram serta 2 (dua) buah timbangan elektrik merk Camry dan Acis. Setelah pelaku beserta barang bukti berhasil diamankan petugas, Kemudian ke 2 pelaku (sebagaimana identitas ke 2 pelaku diatas sebagai Kurir dan Pengedar Sabhu) beserta barang buktinya tersebut langsung dibawa ke Polres Pasuruan untuk proses penyidikan lebih lanjut. Setelah itu dalam pemeriksaannya pelaku a.n DAHLAN SAYUTI mengaku bahwa dirinya sebagai pengedar Narkoba sudah 9 bulan yang lalu dan juga sebagai pemakai sudah 1 tahun yang lalu. Saat ini ke 2 (dua) pelaku SLAMET WIBISONO dan DAHLAN SAYUTI di tahan di rumah tahanan Polres Pasuruan untuk proses penyidikannya lebih lanjut karena melanggar UU RI No. 35 tahun 2009, tentang Narkotika, dengan ancaman hukuman 10 tahun penjara”, Ujar Kasubbag Humas Polres Pasuruan AKP MD. YUSUF, SH.,MM”.   / (Humas)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>