Indonesia Menjadi Juara Asian Games Mini 2018 Di Polres Pasuruan

WhatsApp Image 2018-08-10 at 17.51.53Pasuruan, Lagu Indonesia Raya berkumandang kencang di halaman Mapolres Pasuruan, Jumat (10/8/2018) sore. Indonesia menjadi juara umum dalam pesta olahraga Asian Games Mini 2018 dalam rangka Memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-73 tahun 2018. Indonesia berhasil mengumpulkan banyak medali dari beberapa kategori lomba yang dipertandingkan sore ini.

Lomba yang dipertandingkan diantaranya silat, karate, futsal, sepak takraw, panahan, lompat jauh, dan masih banyak lagi. Hampir di semua lomba, atlet – atlet indonesia berhasil menyabet juara utama. Indonesia juara dan Indonesia menang.

Kegiatan ini merupakan kegiatan Asian Games Mini 2018 yang diselenggarakan di Polres Pasuruan. Kenapa disebut WhatsApp Image 2018-08-10 at 17.51.57mini, karena pemainnya atau pesertanya mini yakni ribuan anak – anak Sekolah Dasar (SD) se-Kabupaten Pasuruan, venuenya mini, dan waktunya pun mini.

Asian Games Mini 2018 ini dilaksanakan dalam rangka menyambut perhelatan Asian Games Mini 2018 Jakarta – Palembang. Asian Games kali ini, Indonesia memiliki kesempatan emas karena menjadi tuan rumah pesta olahraga negara se-Asia.

Pelaksanaan Asian Games Mini 2018 ini disetting sedemikian rupa untuk menyerupai aslinya. Ajang ini dibuka dengan pawai atlet dari beberapa negara seperti Indonesia, Taiwan, Brunei Darussalam, Malaysia, Thailand, Arab Saudi, Jepang, dan lainnya.

WhatsApp Image 2018-08-10 at 17.51.59

Pawai atlet dari sejumlah negara ini didampingi oleh penampilan marchine band binaan Polres Pasuruan. Selanjutnya, ada pawai obor yang dilakukan oleh atlet Nurvina Hardiningtia. Obor ini dibawa lari dan diserahkan ke Kapolres Pasuruan AKBP Raydian Kokrosono, S.I.K., yang selanjutnya disulutkan ke tungku. Api menyala sebagai tanda ajang ini dimulai.

Meski ini hanya perlombaan biasa, tapi antusias peserta cukup tinggi sekali. Masing – masing peserta dari berbagai negara tampil all out. Mereka berusaha semaksimal mungkin untuk menjadi juara. Sayangnya, kerja keras anak – anak Indonesia membuahkan hasil yang manis. Mereka mampu menumbangkan semua lawannya, dan menjadi juara umum dalam ajang Asian Games Mini 2018.

WhatsApp Image 2018-08-10 at 17.58.42

Kapolres Pasuruan AKBP Raydian Kokrosono, S.I.K., mengatakan, selain menyambut dan menyemarakkan Asian Games 2018 yang dimulai pertengahan Agustus mendatang, acara ini juga dilakukan untuk memperingati HUT kemerdekaan RI ke-73.

Selain itu, kata dia, acara ini juga untuk memperingati Hari Anak Nasional (HAN). Ia menjelaskan, dalam HAN kali ini, pihaknya ingin ikut serta mewujudkan anak – anak Pasuruan menjadi anak GENIUS (Gesit – Empati – BeraNI – Unggul – dan Sehat).

WhatsApp Image 2018-08-10 at 17.58.44

“Kami ingin menumbuhkan rasa nasionalisme anak – anak sejak dini. Makanya, kami mengajak mereka untuk berpartisipasi dalam mengisi kemerdekaan, dan ikut andil dalam menyemarakkan Asian Games tahun ini. Ayo dukung Indonesia untuk bisa menjadi juara dalam acara ini,” katanya.

Kapolres Pasuruan ini mengharapkan, acara Asian Games Mini ini bisa memupuk dan membentuk karakter anak – anak menjadi lebih baik ke depannya. Ia akan bersinergi dengan pemerintahan setempat untuk membantu anak – anak memiliki jiwa raga nasionalisme yang tinggi.

WhatsApp Image 2018-08-10 at 18.06.13

Sekretaris Daerah Pemkab Pasuruan Agus Sutidji sangat mengapresiasi ide dan gagasan dari Polres Pasuruan. Ia berterima kasih kepada pihak Kepolisian karena memberikan kesempatan kepada anak-anak Pasuruan untuk ikut merasakan Asian Games meski bersakla mini.

“Saya kira ini kegiatan yang sangat positif sekali. Acara ini bisa membantu anak – anak untuk mengatuhi pelaksanaan Asian Games. Kita ini tuan rumah. Minimal, anak – anak ikut berdoa dan mendukung Indonesia agar menjadi juara. Nah, ajang ini menjadi pemicu dan alatnya untuk bisa ke arah sana,” pungkas dia. (Humas)

WhatsApp Image 2018-08-10 at 18.06.22

WhatsApp Image 2018-08-10 at 18.06.32