JAJARAN KOMUNITAS MASYARAKAT PURWOSARI, PARA KEPALA DESA / LURAH DAN PERANGKAT DIDAMPINGI BHABINKAMTIBMAS DAN BABINSA MENJALANKAN INPRES NOMOR 6 TAHUN 2020 DAN PERBUP PASURUAN NOMOR 52 TAHUN 2020 SECARA SERENTAK DI DESA / KELURAHAN SE-KECAMATAN PURWOSARI

Kapolsek Purwosari AKP Safiudin, S.Pd. memberikan masker kepada pengunjung Pasar Purwosari.
Kapolsek Purwosari AKP Safiudin, S.Pd. memberikan masker kepada pengunjung Pasar Purwosari.

Purwosari – Jajaran Komunitas Masyarakat Purwosari, para Kepala Desa / Lurah dan Perangkat didampingi Bhabinkamtibmas dan Babinsa menjalankan Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020 tentang peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19, secara serentak di Desa maupun Kelurahan se-Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan, pada hari Senin 7/9/2020. Selain menjalankan Inpres Nomor 6 Tahun 2020, kegiatan dalam bentuk razia pemakaian masker itu sekaligus menjalankan Peraturan Bupati Pasuruan Nomor 52 Tahun 2020 tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19 di Kabupaten Pasuruan.

Penertiban masker serentak kali ini atas perintah Bupati Pasuruan bersama jajaran Forkopimda Pasuruan untuk dilaksanakan oleh semua desa dan kelurahan di Kabupaten Pasuruan, meliputi jajaran 3 Pilar tiap desa / kelurahan terdiri dari para Kepala Desa / Lurah dan perangkat, Bhabinkamtibmas, Babinsa beserta elemen masyarakat lainnya atau komunitas masyarakat yang ada di desa / kelurahan masing-masing (karang taruna, pengamen jalanan, pemuda, ibu2  dan lain-lain). Di wilayah Kecamatan Purwosari, penertiban masker dilaksanakan di 14 desa dan 1 kelurahan dengan jumlah pelanggar yang diberi sanksi di Desa Bakalan 20 orang, Pager 2 orang, Tejowangi 13 orang, Pucangsari 12 orang, Kertosari 4 orang, Kayoman 15 orang, Karangrejo 7 orang, Cendono 9 orang, Sumbersuko 6 orang, Martopuro 16 orang, Sukodermo 12 orang, Sengonagung 20 orang, Sumberejo 6 orang, Sekarmojo 12 orang dan Kelurahan Purwosari 11 orang.

Link video : https://www.instagram.com/p/CE1MFeAlrZM/?igshid=1wh8soqmrtj44

Rangkaian kegiatan razia pemakaian masker diawali apel kesiapan di tiap desa dan kelurahan. Razia menyasar warga masyarakat atau pengguna jalan yang melintas di lokasi. Bagi warga yang tidak menggunakan masker diberi sanksi antara lain mengucapkan Pancasila, menyanyikan lagu Indonesia Raya, menyapu sampah di sekitar lokasi dan menghafalkan Pembukaan¬† UUD ’45. Setelah menerima tindakan, masyarakat yang melanggar diberi masker dan diingatkan agar selalu digunakan saat beraktifitas di dalam maupun di luar ruangan. Tampak seluruh masyarakat mendukung kegiatan razia pemakaian masker sehingga berjalan aman dan kondusif. Dengan razia masker diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk berperan aktif dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19.

Penulis : Kasihumas Polsek Purwosari, Aiptu I Kadek Sudiana.