Kapolres Pasuruan Hadiri Giat Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional Kabupaten Pasuruan Tahun 2017

IMG-20170331-WA0026Kapolres Pasuruan AKBP Muhammad Aldian, SIK., MH. mendapat Undangan dari Bupati Kabupaten Pasuruan  H.M. Irsyad Yusuf, SE. untuk menghadiri giat Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional di Kabupaten Pasuruan tahun 2017 di Pantai Wisata Mangrove Ds. Penunggul Kec. Nguling Kab. Pasuruan, kemarin pagi, Kamis (30/3/2017) pukul 06.00 WIB.

Selain Bupati Kabupaten Pasuruan dan Kapolres Pasuruan, acara tersebut juga diikuti oleh Wakil Bupati Kabupaten Pasuruan Riang Kulup Prayudha, Kapolresta Pasuruan AKBP Rizal Martomo, Dandim 0819 Pasuruan Letkol Inf Soegiyatmono, Ketua Tim Penggerak PKK Ny. Lulis Irsyad Yusuf bersama dengan pengurus, Perwakilan OPD se-Kabupaten Pasuruan, dan perusahaan yang mendukung dalam hal penyediaan bibit yakni PT Kino Indonesia Tbk., serta Perwakilan Pelajar tingkat SMP-SMA se-Kabupaten Pasuruan (estimasi total + 1.500 peserta).

IMG-20170331-WA0023Dalam acaranya, Hari Peduli Sampah tersebut diperingati dengan aksi tanam bibit mangrove dan bersih-bersih sampah disepanjang pesisir Pantai Nguling tersebut.

Dari pantauan di lapangan, sebelum bersih-bersih pantai dan tanam mangrove, Pemkab Pasuruan melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) melaksanakan apel pagi di Lapangan Desa Penunggul, dan kemudian dilanjutkan penyerahan 3.000 bibit tanaman penghijauan oleh Rizal Novri, perwakilan dari PT Kino Indonesia Tbk. kepada Bupati, Wabup, Ny Lulis dan segenap unsur Forkopimda.

Bibit tanaman tersebut berasal dari berbagai jenis, diantaranya nangka, durian, kemiri, matoa, gemitri dan jenis lain yang akan ditanam di zona 3 Kecamatan Prigen.

IMG-20170331-WA0028

Setelah kehadirannya di Pantai, Pimpinan Tertinggi Kepolisian Resort Pasuruan AKBP Muhammad Aldian, SIK., MH., mengatakan kepada Tribrata News Pasuruan, aksi bersih-bersih sampah pantai tersebut merupakan upaya Pemerintahan Kabupaten Pasuruan untuk merubah wajah pantai di Kabupaten Pasuruan menjadi lebih sehat, bersih dan bebas sampah, karena sampai sejauh ini persoalan sampah di pantai masih menjadi kendala, sehingga dibutuhkan usaha keras untuk dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan di sekitar pantai.

“Meskipun susah, tapi dari pihak Pemerintah dan Unsur Forpimda Kabupaten Pasuruan tidak menyerah untuk mengajak warga pesisir peduli terhadap kebersihan sampah di laut. Bahkan dari pihak kami melalui Sat Polair Polres Pasuruan juga berkali-kali sudah mengajak masyarakat pantai untuk bersih-bersih pantai, dengan harapan, semoga semakin lama sampah di laut kita terus berkurang dan tidak lagi ada pemandangan orang buang sampah di laut,” tuturnya.

Sedangkan untuk penanaman di kawasan wisata mangrove adalah khusus bibit mangrove, sedangkan bantuan dari PT Kino Indonesia Tbk akan ditanam disemua wilayah Kecamatan Prigen secara serentak, harapannya adalah agar dapat diikuti oleh semua masyarakat, minimal menjaga tanaman yang sudah ada.

aaKapolres Pasuruan juga menegaskan bahwa kegiatan bersih-bersih sampah pantai akan dan harus dilakukan secara berkelanjutan, dengan tujuan agar semakin lama, volume sampah di sekitar pantai semakin berkurang.

“Sebenarnya kita punya pantai yang bagus, mulai dari Pasir Panjang sampai ujung, Untuk itu kegiatan ini harus tetap dilaksanakan sampai pantai kita bersih dan layak untuk dikunjungi, dan Semoga dengan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional ini, masyarakat akan semakin memahami bahwa tanggung jawab menjaga lingkungan adalah kita bersama,” imbuh Kapolres Pasuruan.

Penulis : Clara / Humas

Publish : Clara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>