KAPOLRES PASURUAN PIMPIN APEL GELAR PASUKAN DALAM RANGKA PILKADES SERENTAK SEKABUPATEN PASURUAN TH.2015

SAM_5417Untuk menghadapi Pemilihan Kepala Desa serentak Sekabupaten Pasuruan yang akan dilaksanakan besok pagi pada hari Sabtu tanggal 28 Nopember 2015, maka pada hari Jum’at tanggal 27 Nopember 2015 jam 08.00 wib, di halaman Mapolres Pasuruan telah dilaksanakan giat Apel pergeseran Pasukan (Serpas) dalam rangka persiapan pengamanan Pencoblosan (pungut suara  dan hitung suara Pemilihan Kepala Desa serentak se Kabupaten Pasuruan tahun 2015).

Sebagai Irup dalam pelaksanakan apel Serpas tersebut dijabat oleh Kapolres Pasuruan AKBP SOELISTIJONO, S.I.K., MH., ikut hadir Wakapolres Pasuruan, Para Kabag, Kasat, Perwira Staf dan seluruh Kapolsek Jajaran Polres Pasuruan, sedangkan pasukan yang hadir dalam upacara apel tersebut sejumlah 650 (enam ratus lima puluh) personil yaitu seluruh anggota Polres Pasuruan maupun anggota Polsek jajaran yang terlibat dalam giat Pengamanan Pilkades serentak sekabupaten Pasuruan Th.2015 serta 1 (satu) kompi (100 personil) BKO Brimob Polda jatim untuk tambahan penebalan kekuatan Polres Pasuruan.

Seluruh Pasukan kemudian disiapkan dan kemudian upacara apel dilaksanakan dengan tertib, selanjutnya Kapolres Pasuruan sebagai Irup melakukan pengecekan terhadap kelengkapan perorangan anggota antara lain Tongkat T, Senter , Borgol, abuku saksu dan HP (untuk alat dukumentasi) yang dibantu oleh pejabat teras Polres Pasuruan dalam pengecekan tersebut, selanjutnya Kapolres memberikan arahan kepada seluruh anggota yang terlibat upacara yang intinya antara lain :

  1. Agar seluruh anggota yang terlibat dalam pengamanan di TPS untuk membawa perlengkapan diri baik Tongkat, Pluit, senter, HP, HT dan Jas hujan mengingat pada bulan ini sedang musim hujan serta perlengkapan pribadi lainnya, untuk hari ini semua personil yang terseprint dalam Pam Pilkades serentak segera berangkat  menuju di tempat lokasi TPS-TPS dimana anggota tersebut ditempatkan dalam Sprint
  2. Agar anggota selalu menempel/mengawal pada logistic/kotak suara saat dilakukan penggeseran dari PPK menuju ke PPS dan keTPS saat akan dilakukan pungut suara/hitung suara.
  3. Kepada Kapolsek / Anggota Pam TPS Lakukan pengecekan dan control terhadap ruang penyimpanan Logistik Pilkades di tempat kantor PPK dan kantor PPS dan pastikan bahwa ruangan tersebut telah terkunci gembok dobel/ ganda untuk anak kunci harus dibawa oleh petugas yang berbeda Kapolsek / KPPK/dan atau KPPS.
  4. Bagi anggota yang melakukan pengamanan di kantor PPS/TPS jangan merasa Underistimed (Jangan menggampangkan sesuatu persoalan), untuk Kapolsek Cek and Ricek kembali ruang penyimpanan logistic pemilu dan jangan sampai ditinggalkan (tidak ada anggota yang jaga) ruang penyimpanan Logistik Pilkades di PPK/PPS dan ini merupakan bagian dari Akuntabilitas kita dalam pengaman Pilkades serentak Kab.Pasuruan Th.2015.
  1. Setiap anggota pengamanan Pilkades harus bersikap korek, simpatik dan tegas, serta perhatikan tatakrama dan adat istiadat setempat, dan tak lupa catat nomer Hp petugas TPS lainnya / TNI dan Linmas agar mudah untuk berkoordinasi.
  2. Apabila ada permasalahan yang bisa mengganggu jalannya giat Pungut suara/ hitung suara di TPS, segera Lapor kepada Perwira Pengendali, Kapolsek / Pawas Ops dan atau Kapolres Pasuruan melalui alat komunikasi yang ada untuk segera di tindaklanjuti.
  3. Setelah selesai pungut dan hitung suara, anggota harus mencatat/ mendokumentasikan / memfoto hasil akhir pungut dan hitung suara di tiap-tiap TPS, untuk selanjutnya dilaporkan kepada Posko yang ada di Polres Pasuruan.
  4. Selesai penghitungan suara di TPS, selanjutnya Logistik pemilu tetap berada di PPS (balai desa) dan anggota harus tetap menempel dimana kotak suara tersebut disimpan sampai ada perintah lebih lanjut dari Kaops Pam Pilkades Serentak Polres Pasuruan.

SAM_5432Setelah Kapolres Pasuruan memberikan arahan kepada seluruh peserta apel gelar pasukan kemudian dilanjut pengecekan persiapan para anggota yang dilakukan oleh Padal (Perwira Pengendali) dimasing-masing TPS menurut Sprint, adapun giat gelar pasukan tersebut berjalan aman, lancar dan terkendali, “ujar Kasubbag Humas AKP MD.YUSUF.,SH.,MM.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>