KAPOLSEK PURWOSARI HADIRI UJI COBA PROTOKOL KESEHATAN WISATA KEBUN PAK BUDI

 

Kapolsek Purwosari bersama perwakilan Forkopimda pada rangkaian kegiatan di Wisata Kebun Pak Budi
Kapolsek Purwosari bersama perwakilan Forkopimda Kabupaten Pasuruan mengikuti rangkaian kegiatan di Wisata Kebun Pak Budi.

Purwosari – Kapolsek Purwosari menghadiri kegiatan uji coba protokol kesehatan Wisata Kebun Pak Budi yang terletak di Desa Sekarmojo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan, pada hari Selasa 30 Juni 2020. Kegiatan itu bertujuan untuk mencegah dan mengantisipasi penyebaran Covid-19 di zaman new normal. Pengunjung dan pengelola tempat wisata diharapkan mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan sehingga terhindar dari Covid-19 serta dapat menjaga pertumbuhan pariwisata di wilayah Purwosari.

Tampak hadir di kegiatan itu Kasdim 0819 Pasuruan Mayor CZI Sulton, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Pasuruan beserta Tim Pemantau, Kasatsabhara Polres Pasuruan AKP Wiksan, Kasatsabhara Polres Pasuruan Kota AKP Tatuk Irianto, Kapolsek Purwosari AKP Safiudin, S.Pd., Danramil Purwosari Kapten Inf. Puji Wiratno, Camat Purwosari Eka Wara Brehaspati, S.STP., M.Si., Kepala Puskesmas Purwosari dr. Sahar, Kepala Desa Sekarmojo, Bhabinkamtibmas Desa Sekarmojo Aiptu Soleh dan Babinsa Sekarmojo.

Rangkaian kegiatan diawali pembukaan oleh pengelola Wisata Kebun Pak Budi kemudian pendalaman di Wisata Kebun Pak Budi, meliputi penjelasan pemberlakukan protokol kesehatan di titik-titik yang dianggap rawan penyebaran Covid-19 dan pengecekan langsung di lokasi sekaligus pemberian arahan dan evaluasi oleh Perwakilan Forkopimda Kabupaten Pasuruan, dilanjutkan evaluasi hasil pengecekan dan pemantauan. Acara dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Pasuruan, dalam sambutannya mengatakan bahwa pelaksanaan new normal, sebetulnya belum boleh diberlakukan di Kabupaten Pasuruan, namun karena pertimbangan lain maka kegiatan pembukaan operasional lagi bagi Wisata Kebun Pak Budi. Tim Penilai akan memberikan edukasi dan arahan kepada pengelola serta memberikan evaluasi manakala harus ada perbaikan pelaksanaan protokol kesehatan. Tim akan selalu memantau perkembangan, juga diimbangi pihak Kebun Pak Budi untuk menindaklanjuti.

Camat Purwosari mewakili Forkopimka menyampaikan bahwa keberadaan Kebun Pak Budi harus menjadi sumbangsih ekonomi bagi warga Desa Sekarmojo. Penataan parkir harus lebih diperhatikan dan pemberlakuan protokol kesehatan, penunjuk arah dan edukasi masyarakat. Kemudian dilanjutkan sambutan Kasdim 0819 Pasuruan, menyampaikan bahwa di wilayah Jawa Timur sudah dibentuk tim khusus merubah dari zona merah menjadi zona kuning / hijau. Isolasi mandiri dan isolasi terpusat harus dilakukan untuk menurunkan status Covid-19. Perlu adanya edukasi video visual bagi pengunjung tentang protokol kesehatan, tunjuk pemandu, dan tim woro-woro terhadap pengunjung yang belum memahami.

Dengan adanya kunjungan dari perwakilan Forkopimda, Wisata Kebun Pak Budi terlihat sudah siap menghadapi era new normal sehingga dapat menerima masyarakat yang ingin berwisata ke Kebun Pak Budi dan dapat menggerakkan perekonomian di sekitar tempat wisata.

Penulis : Kasihumas Polsek Purwosari, Aiptu I Kadek Sudiana.