Pencegahan Penyakit Hepatitis B Dengan Vaksin

36d9a8e6-2374-4acd-a6b1-18dd01704de1Hepatitis B adalah suatu penyakit hati yang disebabkan oleh Virus Hepatitis B (VHB), suatu anggota famili Hepadnavirus yang dapat menyebabkan peradangan hati akut atau menahun yang pada sebagian kecil kasus dapat berlanjut menjadi sirosis hati atau kanker hati. Mula-mula dikenal sebagai “serum hepatitis”dan telah menjadi epidemi pada sebagian Asia dan Afrika. Hepatitis B telah menjadi endemik di Tiongkok dan berbagai negara di Asia.

Untuk mencegah terjadinya penyakit Hepatitis B tersebut Urkes Polres Pasuruan bekerja sama dengan Rumah Sakit Pusdik Sabhara Porong melaksanakan kegiatan pemberian vaksin Hepatitis B kepada anggota-anggota Polres Pasuruan. Tujuan dari dilaksanakannya vaksin tersebut agar anggota polri khususnya yang berdinas di Polres Pasuruan juga mendapat perlindungan dari penyakit Hepatitis B ini.

Mengapa vaksin ini juga perlu diberikan kepada anggota polri karena pada saat anggota melaksanakan tugas di luar dan langsung kontak dengan masyarakat luar mereka tidak tahu apakah masyarakat tersebut sehat atau sedang sakit Hepatitis, untuk itu Urkes Polres Pasuruan bekerja sama dengan Rumah Sakit Pusdik Sabhara Porong untuk memberikan vaksin Hepatitis B.

Antusias dari anggota diterima dengan baik dengan adanya kegiatan tersebut. Dan Urkes polres Pasuruan juga lebih memperioritaskan usia diatas 50 th dan juga yang sudah mempunyai riwayat penyakit Hepatitis B. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Gedung Tunggal Panaluan. Dan pemberian vaksin Hepatitis B ini dilakukan 3 kali yaitu pada bualn pertama memberian vaksin, kemudian jarak dua bulan, dan ketiga jarak 3 bulan

Penulis : Rika/Piket Command center

Publish : Dias/Humas