Pengamanan Jelang Penetapan Bacabup-Bacawabub Di Perketat

18Pasuruan – Senin (12/02/2018), Pengamanan terhadap bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati Pasuruan, Jawa Timur, diperketat menjelang penetapan pasangan calon bupati. Sekitar lebih dari 100 personil Polres Pasuruan, disiagakan untuk pengamanan penetapan pasangan bakal calon Bupati dan bakal calon Wakil Bupati di Kantor KPU Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan.

“Kapolres memerintahkan semua fungsi pengamanan untuk melakukan pengamanan melekat kepada bakal calon Bupati dan bakal calon Wakil Bupati Pasuruan periode 2018-2023. Selain itu bapak Kapolres Pasuruan berpesan kepada anggotanya agar tetap semangat dan menjalankan tugas dengan sepenuh hati ” kata Kasubag Humas Polres Pasuruan AKP Hardi.

Menurutnya pengawasan dan pengamanan dilakukan baik di tempat kerja pasangan bakal calon bupati maupun di rumah masing-masing, namun sejauh ini hanya pengamanan secara tertutup. “Kalau sudah ditetapkan sebagai pasangan calon bupati, maka pengamanan semakin diperketat d341a91d-d5e9-4735-a4ee-fc1ee437be16untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terhadap cabup-cawabup tersebut,” tuturnya.

Selain melakukan pengawasan dan pengamanan terhadap pasangan calon bupati, Polres Pasuruan juga melaksanakan siaga mengamankan anggota Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Panwaslu setempat. “Perintah pengamanan kepada penyelenggara dan pengawas pilkada di tingkat kecamatan dipimpin langsung oleh masing-masing Kapolsek, sehingga Kapolsek diminta menempatkan personel polisi untuk melihat situasi setiap saat,” katanya.

Dengan memantau situa20si di daerahnya masing-masing, lanjut dia, anggota polisi di Polsek bisa segera melaporkan setiap perkembangan terkini, sehingga Polres Pasuruan dapat melakukan langkah yang dibutuhkan, agar tidak sampai berpotensi menimbulkan ancaman keselamatan jiwa.

“Polres Pasuruan juga sudah menggelar gladi bersih simulasi dalam latihan pra operasi Mantap Praja 2018 atau operasi penanganan setiap tahapan pilkada di halaman Mapolres Pasuruan pada Selasa (6/2/18). Polres Pasuruan menyiagakan sebanyak ratusan personel untuk mengamankan pelaksanaan pemilihan umum bupati beberapa bulan lagi,” paparnya.

Penulis : Ds

Publish : Dias/Humas