Peringati Sumpah Pemuda 2017, Kanit Lantas Polsek Pandaan Deklarasikan Anti Hoax Kepada Pelajar

WhatsApp Image 2017-10-31 at 08.10.57Dalam rangka peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun 2017. Jajaran Unit Lantas Polsek Pandaan-Polres Pasuruan melaksanakan giat Deklarasi Anti Hoax di SMA Ma’arif  NU Pandaan, Selasa (31/10/2017) pagi.

Dalam acara yang diikuti oleh ratusan siswa-siswi dan para guru tersebut, juga dilakukan pembacaan ikrar atau deklarasi para murid-murid atau generasi muda dalam menyikapi maraknya berita dan info Hoax yang banyak beredar di dunia maya. Para murid berikrar bahwa mereka selaku generasi muda, akan menyaring dan memilah serta meng croscek berita atau info yang didapat, sebelum diteruskan atau disebarluaskan, agar tidak menjadi berita atau info yang menyesatkan dan merugikan masyarakat.

Setelah pembacaan ikrar atau deklarasi anti hoax tersebut, para peserta pun juga membubuhkan tanda tangan di papan yang telah disediakan, sebagai bentuk dukungan nyata, bahwa mereka telah menyatakan anti hoax. Sementara itu Kapolsek Pandaan Kompol M. Iskhak mengatakan bahwa kegiatan tersebut sangat bermanfaat sebagai upaya mencegah beredarnya berita atau info yang merugikan masyarakat.

WhatsApp Image 2017-10-31 at 08.10.51

“Dengan demikian, seseorang tidak akan dengan mudah menyebarkan informasi yang tidak jelas sumbernya, apalagi dengan canggihnya teknologi, berita bohong semakin subur. Adanya media sosial membuat berita mengalir deras, sehingga penting untuk meliterasi masyarakat, pejabat dan pemangku kepentingan agar bijak dan cerdas menanggapi dunia digital yang canggih itu,” ungkapnya.

Berita-berita yang beredar bukan hanya untuk di sebarkan tapi juga memilah secara intelektual, sehingga informasi harus dianalisis. “Sejauh ini kami sudah sosialisasi baik secara langsung maupun tidak langsung. Setiap ada kesempatan selalu disosialisasikan mulai dari masyarakat terorganisir maupun tidak terorganisir,” katanya.

WhatsApp Image 2017-10-31 at 08.10.44

“Dengan turut berperan sertanya generasi muda dalam menyaring dan memfilter semua info, maka kita bisa bahu-membahu menjaga situasi Kamtibmas di masyarakat agar selalu Kondusif. Terima kasih kepada para murid-murid yang telah turut bersinergi untuk menangkal berita hoax, sebagai wujud nyata peran mereka di peringatan hari sumpah pemuda ini,” terang Kompol M. Iskhak.

WhatsApp Image 2017-10-31 at 08.10.47

 

Penulis : Shukiyanto / Pandaan

Publish : Indri / Humas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>