Polres Pasuruan Siapkan 900 Personel Amankan Pilkada 2018

IMG-20180206-WA0048Polres Pasuruan melakukan pelatihan kontijensi tahapan pilkada serentak 2018 dan Sispamkota dalam rangka operasi Lat Pra Ops Mantap Praja Semeru 2018 di halaman Polres Pasuruan, Selasa (6/2/2018) pagi.

Dalam latihan ini, Polres Pasuruan melakukan rekayasa pengamanan Pilkada tahun ini, baik pemilihan bupati (pilbup) dan pemilihan gubernur (pilgub). Bahkan, ada beberapa simulasi pola pengamanan pelaksanaan pilkada.

IMG-20180206-WA0045

Acara ini dimulai dengan apel bersama. Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan simulasi pendaftaran pasangan calon (paslon) ke Kantor KPU. Selanjutnya, KPU menolak beberapa paslon karena tidak memenuhi administrasi. Nah, dalam kondisi ini, ada beberapa penolakan dan demo dari pendukung paslon.

Terlihat dalam simulasi, tim dalmas Polres Pasuruan sudah bersiap menghadap para pendemo yang berniat meluruk Kantor KPU Kabupaten Pasuruan. Tak hanya itu, dalam simulasi, Polisi tampak melakukan negoisasi dengan pendemo, sehingga mereka menerima jawaban dari hasil negoisasi tersebut.

IMG-20180206-WA0046

Selain itu, dalam latihan tersebut, ada juga simulasi, pengamanan masyarakat yang berusaha melakukan pencoblosan sebanyak dua kali. Nah, ini berpotensi menimbulkan kericuhan. Maka dari itu, yang bersangkutan diamankan oleh petugas.

Ada juga, simulasi kerusuhan saat kampanye paslon. Juru kampanye paslon menyampaikan kampanye yang berpotensi menimbulkan kerusuhan. Penyelesaiannya, ada polisi yang bertugas mengamankan massa pendukung, ada juga yang bertugas mengamankan jurkam paslon itu.

IMG-20180206-WA0031

Bahkan, ada simulasi kerusuhan. Dalam hal ini, Korps Bhayangkara berusaha tidak melakukan upaya kekerasan. Mereka memaksa mundur massa yang berusaha membuat kerusuhan dengan cara negoisasi. Semisal tidak ada titik temu, dilakukan upaya pemaksaan dengan cara memaksa mundur mereka. Tapi, tidak ada kekerasan atau pemukulan.

Kapolres Pasuruan AKBP Raydian Kokrosono mengatakan, pihaknya menyiapkan 900 personel dalam melakukan upaya pengamanan pilkada ini. Kata dia, pihaknya sudah memetakan daerah- daerah yang berpotensi rawan saat pilkada.

IMG-20180206-WA0039

“Tapi, saya berharap Pasuruan ini aman terkendali. Kami siap mengamankan Pilkada nanti. Kami sudah siapkan personel, siapkan beberapa opsi penyelesaian saat pilkada jika ada masalah, dan lainnya,” pungkas AKBP Raydian. (Humas)