POLSEK PURWOSARI MELAKUKAN OPERASI YUSTISI GABUNGAN TIGA PILAR DALAM RANGKA PENEGAKAN INPRES NOMOR 6 TAHUN 2020 DAN PERBUP NOMOR 52 TAHUN 2020

Kapolsek Purwosari bersama tim memberikan sanksi sosial kepada pelanggar ketentuan memakai masker.
Kapolsek Purwosari bersama tim memberikan sanksi sosial kepada pelanggar ketentuan memakai masker.

Purwosari – Polsek Purwosari melakukan Operasi Yustisi Gabungan Tiga Pilar dalam rangka implementasi Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020 tentang peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19 dan Peraturan Bupati Pasuruan Nomor 52 Tahun 2020 tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19 di Kabupaten Pasuruan. Operasi dilaksanakan di pusat keramaian malam Purwosari, pada hari Sabtu 19/9/2020.

Sasaran kegiatan yaitu pemakaian masker bagi warga masyarakat, pedagang kaki lima, karyawan pertokoan, karyawan pusat perbelanjaan serta pembeli di sekitar Simpang Tiga Purwosari, warga masyarakat yang melintas di sekitar Simpang Empat Sengonagung dan melakukan hunting di sepanjang jalan Simpang Tiga Bakalan sampai dengan Simpang Tiga Puntir. Dalam operasi yustisi kali ini ditemukan 13 pelanggaran ketentuan penggunaan masker. Seluruh pelanggar diberikan teguran dan sanksi sosial berupa pengucapan Pancasila, menyanyikan lagu Garuda Pancasila, membaca Al-Fatihah kemudian diberi masker gratis dan didata oleh petugas Satpol PP.

Link video :
https://youtu.be/xzpIRPcetBM

Pelaksana kegiatan di bawah kendali Kapolsek Purwosari AKP Safiudin, S.Pd. Hadir juga Wakapolsek Purwosari Iptu Mastuki, S.H. dan Kasi Trantib Kecamatan Purwosari Kustono Hadi, S.H. Petugas yang dilibatkan sebanyak 1 SST, terdiri dari anggota Polsek Purwosari 12 orang, anggota Koramil Purwosari 3 orang, anggota Brigif 2-Marinir 5 orang, anggota Pos Lantas Purwosari 2 orang, Pol PP Kecamatan Purwosari 2 orang dan tim surveillance Covid-19 Puskemas Purwosari 2 orang. Seluruh warga masyarakat tampak mendukung kegiatan razia pemakaian masker sehingga berjalan aman dan kondusif. Dengan razia masker diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk berperan aktif dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19.

Penulis : Kasihumas Polsek Purwosari, Aiptu I Kadek Sudiana.