POLSEK PURWOSARI MELAKUKAN UPAYA PENINGKATAN DISIPLIN DAN PENEGAKAN HUKUM PROTOKOL KESEHATAN DI TEMPAT WISATA DAN PABRIK

Kapolsek Purwosari memberi hukuman disiplin kepada Supeltas di depan PT. Indolakto.
Kapolsek Purwosari memberi hukuman disiplin kepada Supeltas di depan PT. Indolakto.

Purwosari – Polsek Purwosari melakukan upaya peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan di tempat wisata dan pabrik pada hari Kamis 21/8/2020. Sasaran pendisiplinan yaitu Kebun Pak Budi, Saygon Water Park, PT. Indolakto dan PT. KT&G Purwosari. Target pendisiplinan adalah para pengelola, karyawan serta pengunjung. Kegiatan itu seiring dengan Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020.

Peningkatan disiplin dan penegakan hukum dipimpin oleh Kapolsek Purwosari AKP Safiudin, S.Pd. dengan melibatkan anggota Satgas yang sudah dibentuk sebelumnya. Tampak anggota Satgas Deteksi, Satgas Patroli, Satgas Sosialisasi Edukasi, Satgas Gakkum dan Satgas Publikasi melakukan kegiatan di lokasi sesuai bidang tugasnya masing-masing.

Satgas gakkum memberikan tindakan disiplin berupa push up kepada Supeltas yang  tidak menggunakan masker di jalan raya depan PT. Indolakto. Satgas Sosialisasi / Edukasi memberikan himbauan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid -19, dihimbau agar masyarakat lebih mendisiplinkan diri lagi dalam penggunaan masker selama mengunjungi obyek wisata. Sebelum masuk ke tempat wisata harus mematuhi protokol kesehatan, antara lain mencuci tangan, cek suhu (apabila melebihi batas maksimal 37,5° pengunjung tersebut tidak boleh masuk), tetap menjaga jarak dan selalu memakai masker (wajib). Selalu membawa hand sanitizer untuk antisipasi sebagai pengganti sabun. Tingkatkan kerjasama antara pengelola dan Kepolisian untuk menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif. Mensosialisasikan dan menjalankan Inpers Nomor 6 Tahun 2020, menggalakkan 5M yaitu memakai masker, menjaga jarak , mencuci tangan meminum probiotik dan memohon doa agar pandemi Covid-19 segera berlalu.

Link Photo : https://www.instagram.com/p/CELA3sWl5LK/?igshid=11q494aj3z7uk

Begitu pula di lingkungan pabrik, hal yang sama dilakukan oleh para anggota Satgas untuk menumbuhkan dan meningkatkan disiplin protokol kesehatan. Tindakan disiplin diberikan apabila ada pelanggaran ketentuan protokol kesehatan di masa pandemi ini. Rangkaian kegiatan berjalan lancar dan mendapat dukungan semua kalangan sehingga tidak ada gejolak ketika dilaksanakan tidakan disiplin terhadap pelanggar.

Penulis : Kasihumas Polsek Purwosari, Aiptu I Kadek Sudiana.