Satreskrim Polres Pasuruan, Hadiri Workshop Penegakan Hak Kekayaan Intelektual

WhatsApp Image 2018-07-05 at 09.45.11Pasuruan-Workshop penegakan hak kekayaan intelektual tentang optimalisasi penyelesaian sengketa yang berlangsung pada hari Kamis (8/7/2018) di Hotel Atria Malang yang disampaikan oleh Prof. Dr. Rahmi Jened, Sh. MH. Workshop tersebut dihadiri oleh Iptu Bambang Tri Sutrisno, Sh selaku KBO Reskrim Polres Pasuruan dalam hal ini mewakili Kasat Reskrim Polres Pasuruan bersama beberapa penyidik Polri. Diadakannya workshop ini dilatar belakangi oleh kelemahan sistem ligitasi dan kelebihan arbitrase dan penyelesaian sengketa alternatif lainnya.

 

WhatsApp Image 2018-07-05 at 09.08.52Menurut Rahmi Jened, kelemahan ligitasi di Indonesia antara lain adanya sistem yang kompleks, alasan teknis, permusuhan konflik hubungan para pihak yang bersengketa, jangka waktu yang lama dengan upaya hukum dan hakim terbatas pengetahuan dibidang sengketa misalnya tentang gula, HKI (hak cipta, paten). Sedangkan kelebihan arbitrase dan penyelesaian sengketa alternatif antara lain sistem pengadilan tambahan/meningkatkan akses keadilan, diputus oleh ahli yang disengketakan, kerahasiaan terjaga karena forum tertutup untuk umum, lebih fokus pada bidang yang disengketakan dengan ahli dibidang yang disengketakan, tambahnya.

WhatsApp Image 2018-07-05 at 09.07.06 (2)

Disela-sela workshop Iptu Bambang menambahkan penyelesaian sengketa yang dibantu oleh pihak ketiga yang bertindak sebagai mediator yang bersifast pasif dengan memberikan beberapa alternatif penyelesaian sengketa dan putusan akhir tetap sepenuhnya ada pada para pihak sendiri yang diatur dalam PERMA/No.I/2016 tentang Mediasi, tandasnya.

 

Penulis : Wieq Kanga/Piket CC

Publish : Wieq Kanga/Piket CC