SELAMA 1,5 TAHUN BERHASIL MELARIKAN DIRI KELUAR KOTA, DPO CURAT KABEL PT. CS2 PANDAAN BERHASIL DIBEKUK ANGGOTA SAT RESKRIM POLSEK PANDAAN

IMG-20160726-WA0007Setelah menjadi Daftar Pencarian Orang (DPO) selama hampir 1,5 tahun seorang pelaku RIBUT WITONO (Laki-laki, umur : 34 tahun, Pekerjaan : Karyawan PT. CS2 POLA SEHAT PANDAAN, Alamat : Dsn. Pandelegan Ds. Sumberejo Kec. Pandaan Kab. Pasuruan) akhirnya berhasil ditangkap dan diamankan Petugas Reskrim Polsek Pandaan Polres Pasuruan yang dipimpin oleh Kanit Reskrimnya IPTU BAMBANG bersama 3 anggotanya pada hari Senin (25/07/2016) jam 23.30 WIB di dalam sebuah rumah kontrakan milik pelaku RIBUT WITONO yang termasuk Ds. Kuncur Kec. Purwosari Kab. Pasuruan, selanjutnya pelaku DPO yang tertangkap diamankan dan dibawa ke Mapolsek Pandaan untuk proses penyidikan lebih lanjut.

Adapun kronologi kejadiannya, pada hari Rabu tanggal 11 Februari 2015 jam 18.30 Wib, di dalam PT.CS 2 POLA SEHAT PANDAAN Dsn.Keceling Ds.Kemiri Sewu Kec.Pandaan Kab.Pasuruan telah terjadi pencurian kabel 500 MM ssebanyak 27 (dua puluh tujuh) lonjor @ 15,6 M jadi total panjangnya 421 M milik PT.CS 2 POLA SEHAT PANDAAN, setelah melihat kejadian pencurian tersebut pemilik PT.CS 2 POLA SEHAT PANDAAN melaporkan ke petugas Polsek Pandaan, kemudian petugas dari Polsek Pandaan mendatangi TKP dan melakukan olah TKP juga memeriksa saksi-saksi di seputaran TKP, tak lama kemudian petugas melakukan penyelidikan dan pengintaian terhadap 3 (tiga) orang yang dicurigai sebagai pelaku, dan ternyata benar orang yang dicurigai sebagai pencuri kabel tersebut sedang menjual barang curian tersebut, kemudian petugas langsung melakukan penangkapan terhadap 1 (satu) orang pelaku tersebut atas nama M.SUGIK bin KASIAN (Karyawan PT. CS2 POLA SEHAT PANDAAN yang telah menjalani vonis) dan pelaku serta barang buktinya langsung dibawa ke Polsek Pandaan untuk dilakukan penyidikan dan pemeriksaan, sedangkan 2 (dua) orang diantaranya berhasil melarikan diri (DPO Polres Pasuruan).

Dalam pemeriksaan terhadap pelaku bernama M. SUGIK bin KASIAN yang dilakukan oleh petugas Polsek Pandaan Polres Pasuruan, petugas berhasil mengembangkan seorang pelaku yang diduga sebagai Otak / dalang dalam menjalankan aksi pencurian Kabel tersebut yang bernama RIBUT WITONO (Laki-laki, umur : 34 tahun, Pekerjaan : Karyawan PT. CS2 POLA SEHAT PANDAAN, Alamat : Dsn. Pandelegan Ds. Sumberejo Kec. Pandaan Kab. Pasuruan), dimana peran Sdr. RIBUT dan Sdr. K (DPO Polres Pasuruan yang belum tertangkap) yaitu membawa potongan Kabel yang telah dimasukkan dalam Sak warna Putih dari PT. CS2 POLA SEHAT Pandaan menuju Tol untuk diserahkannya kepada rekan kerjanya  M. SUGIK bin KASIAN (menjalani Vonis) yang telah siap menunggu di Tol dengan menggunakan kendaraan Sepeda Motor milik Sdr. K, yang selanjutnya Kabel  hasil curian tersebut dijual ke Tukang Rongsokan.

 

Selanjutnya setelah melakukan penangkapan terhadap Sdr. M. SUGIK bin KASIAN petugas berusaha melakukan pengejaran terhadap 2 pelaku yang berhasil melarikan diri yakni bernama Sdr. R dan Sdr. K akan tetapi belum berhasil, dan setelah bersembunyi selama kurang lebih 1,5 tahun yaitu pada hari Senin (25/07/2016) jam 23.30 petugas Reskrim Polsek Pandaan Polres Pasuruan mengetahui keberadaan salah satu dari pelaku yang berhasil kabur (DPO) yaitu RIBUT WITONO yang saat itu sedang bersembunyi di dalam sebuah rumah kontrakan miliknya yang termasuk Ds. Kuncur Kec. Purwosari Kab. Pasuruan dan petugas langsung menangkap pelaku ditempat tersebut, kemudian pelaku langsung dibawa ke Mapolsek Pandaan untuk dilakukan pemeriksaan.

Dan dalam pemeriksaan pelaku mengaku juga membenarkan bahwa dirinya adalah RIBUT WITONO yang berperan menjadi Dalang / Otak dalam menjalankan aksi pencurian Kabel tersebut, dan dia juga berperan membawa potongan Kabel yang telah dimasukkan dalam Sak warna Putih dari PT. CS2 POLA SEHAT Pandaan menuju Tol untuk diserahkannya kepada rekan kerjanya  M. SUGIK bin KASIAN (menjalani Vonis), dan selama ini pelaku melarikan diri keluar kota tepatnya di daerah Pare Kab. Kediri (berpindah-pindah tempat) yang selanjutnya kembali ke wilayah Kab. Pasuruan tepatnya mencari sebuah Rumah Kontrakan yang termasuk Ds. Kuncur Kec. Purwosari Kab. Pasuruan  setelah mendengar temannya Sdr. M. SUGIK bin KASIAN ditangkap petugas, dan pelaku mengaku dapat pembagian hasil dari pencurian Kabel tersebut sebesar Rp 400.000,- (empat ratus ribu rupiah), dan saat ini pelaku ditahan di rumah tahanan Mapolsek Pandaan Polres Pasuruan untuk menjalani proses lebih lanjut dan dijerat dengan Pasal 363 KUHP dengan Ancaman hukuman maksimal 7 tahun penjara”, Ujar Kasubbag Humas AKP MD.YUSUF, SH., MM. / (humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>