TIM BUSER RESKRIM POLRES PASURUAN BERHASIL TANGKAP DPO PELAKU CURANMOR YANG BERSEMBUNYI DI BANYUWANGI

SAM_5412
Berakhir sudah pelarian Heriyanto (24) warga Candibinangun, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Pasuruan ini. Pria yang menjadi buronan Polres Pasuruan selama 2 tahun, atas kasus pencurian sepeda motor tersebut, dibekuk anggota buser Satreskrim Polres Pasuruan, di Kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi pada Selasa (24/11/2015) malam lalu.

Dijelaskan oleh Kasubag Humas Polres Pasuruan, AKP MD Yusuf, bahwa pelaku ini diburu‎ petugas karena melakukan pencurian sepeda motor Yamaha Jupiter MX N 2204 TZ milik Oemar Nadja Baiti, warga Kersikan-Bangil, pada 19 Maret 2013 silam. “Saat itu pelaku beraksi bersama seorang temannya yang bernama M.Thoriq,” ujar AKP Yusuf panggilan akrabnya.

Saat itu, sepeda motor diparkir di teras depan rumah. Korban yang mendengar suara mencurigakan lalu keluar rumah dan melihat 2 orang pria yang sedang menuntun sepeda motornya keluar dari pagar rumah. Langsung saja korban berteriak maling-maling dan kedua pelaku lalu langsung kabur. Namun warga sekitar yang mendengar teriakan korban, berhasil mengejar para pelaku dan menangkap salah seorang diantaranya yang bernama M.Thoriq. Sedangkan Heriyanto berhasil melarikan diri.

M.Thoriq pun diamankan polisi dan dibawa ke Polres Pasuruan bersama barang bukti sepeda motor milik korban‎. Dalam pemeriksaan, M.Thoriq mengaku melakukan pencurian tersebut bersama Heriyanto. Rupanya Heriyanto setelah mendengar Thoriq tertangkap lalu kabur ke Banyuwangi dan menikah dengan seorang wanita di Kecamatan Muncar dan bekerja sebagai nelayan. 

Setelah 2 tahun lamanya, polisi pun berhasil mengendus keberadaan pelaku dan melakukan pengejaran ke Banyuwangi. Hingga akhirnya polisi berhasil menangkap pelaku‎ dan membawanya kembali ke Pasuruan untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. “Pelaku akan dijerat dengan Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan yang ancamannya 7 tahun penjara,” urai AKP MD. Yusuf. (hms/rbt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>