“TIM SAKERA” Beri Tips Terhindar dari Penipuan Online

wbo

Di era seperti ini tradisi belanja online semakin banyak diminati oleh banyak masyarakat dari segala kalangan. Tidak sedikit masyarakat yang memanfaatkan perkembangan tekhnologi saat ini, sebagian masyarakat memanfaatkan hal ini sebagai peluang bisnis, selain itu kesibukan masyarakat yang mendorong untuk berbelanja online. Namun, juga ada yang memanfaatkan sebagai peluang penipuan demi mencari keuntungan semata.

Dengan semakin meningkatnya minat belanja Online, maka semakin marak pula penipuan dalam berbelanja secara online dimasyarakat yang membuat kasus ini turut menjadi perhatian pihak Kepolisian Polres Pasuruan.

Terkait banyaknya laporan penipuan dalam berbelanja Online, Tim SAKERA (Satuan Anti Kriminal Polres Pasuruan) memiliki tips agar terhindar dari kasus penipuan online. Laporan Penipuan online dalam tahun 2017 semakin meningkat, sehingga kami Tim SAKERA memberikan Tips untuk terhindar dari Penipuan Online.

Berikut empat tips terhindar dari Penipuan Online.darI Tim SAKERA:

1. Jangan cepat / mudah akrab dan percaya terhadap seseorang yang tidak pernah dikenal di dunia nyata. Sebab, di akun media sosial, seseorang belum tentu menggunakan identitas asli.

2. Apabila kita akan melakukan interaksi secara online dengan orang yang sudah kita kenal secara langsung, pastikan dulu bahwa akun itu memang dia yang menggunakannya. Misalkan, kita bisa mengonfirmasi lebih lanjut lewat telepon karena mungkin saja akun tersebut diretas.

3. Jangan mudah menyebarkan informasi personal, seperti alamat, tempat tanggal lahir, nama orangtua, dan nomor telepon di media sosial. Pasalnya, hal ini bisa berisiko pada peretasan terhadap rekening finansial kita dan membahayakan diri, termasuk keluarga.

4. Berhati-hatilah jika ada penawaran terkait transaksi finansial secara online. Apa pun kondisinya, lebih baik kita mengonfirmasi kebenarannya dengan mengaplikasikan tiga poin di atas.

Dengan tips diatas Tim SAKERA mengharap masyarakat dapat lebih berhati-hati untuk belanja Online, untuk menekan angka pelaoran Penipuan Online khususnya diwilayah Hukum Polres Pasuruan, Semoga bermanfaat.

 

Penulis : Ika  / Piket CC

Publis : Ika / Piket CC