UNIT RESKRIM POLSEK PURWOSARI BERHASIL TANGKAP TERSANGKA CURAT

Tersangka, barang bukti dan kondisi gedung sebelum dan sesudah pencurian.
Tersangka, barang bukti dan kondisi gedung sebelum dan sesudah pencurian.

Purwosari – Unit Reskrim Polsek Purwosari berhasil menangkap tersangka pencurian dengan pemberatan bernama Wiwit Hafid Trilaksono Bin Supriyadi dan M. Hasan Bin Sahnan pada hari Senin 24/2/2020. Wiwit Hafid Trilaksono Bin Supriyadi berusia 34 tahun, alamat Dusun Alkmar, Desa Martopuro, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan. M. Hasan Bin Sahnan adalah tersangka berusia 27 tahun berasal dari Dusun Madurejo, RT. 02 RW. 02, Desa Wonorejo, Kecamatan Wonorejo, Kabupaten Pasuruan. Mereka ditangkap atas sangkaan melakukan pencurian besi jenis kanal C kontruksi atap gudang Pabrik PT. Surya Sukmana Leather di Dusun Pakem, Desa Martopuro, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan.

Kapolsek Purwosari AKP I Made Suardana, S.Sos., M.Hum. menginformasikan kasus pencurian dilaporkan ke Mapolsek Purwosari sehari sebelum tersangka ditangkap. Kata Kapolsek, pelapor menerangkan bahwa awalnya pelapor yang bekerja selaku kurator pada PT. Surya Sukmana Leather itu datang ke area pabrik dengan tujuan mengecek aset yang masih dalam pengawasannya dan diketahui bahwa atap seng galvalum dan besi kanal C konstruksi atap banyak yang hilang sedangkan sewaktu pabrik dinyatakan pailit barang tersebut masih ada. Diperkirakan pelaku melakukan pencurian dengan cara masuk area pabrik melalui jalan setapak yang berada di belakang pabrik kemudian pelaku memanjat ke atas atap gedung lalu membuka baut konstruksi atap, menurunkan atap seng galvalum dan besi kanal C. Setelah itu membawa pergi barang hasil curian dari area pabrik melalui jalan masuk semula. Pencurian diperkirakan dilakukan berkali-kali sampai atap 2 gedung dengan ukuran 50 x 50 meter hampir habis.

Kapolsek Purwosari juga menjelaskan tentang proses penangkapan tersangka. Setelah menerima laporan, Unit Reskrim Polsek Purwosari melakukan olah TKP, meminta keterangan saksi dan penyelidikan. Dari rangkaian penyelidikan, pada hari Senin 24 Februari 2020, pukul 17.00 WIB, Kanit Reskrim Polsek Purwosari Bripka Bambang bersama Bripka Yuda dan Bripka Yunus melakukan penangkapan terhadap 2 orang tersangka yang sedang melakukan pencurian dan akan mengangkut barang hasil curian dengan menggunakan gerobak dorong yang ditarik sepeda motor. Penangkapan dilakukan di area kebun belakang pabrik PT. Surya Sukmana Leather. Tersangka mengaku sudah 15 kali melakukan pencurian yang sama di lokasi yang sama. Dari tersangka, Unit Reskrim mengamankan barang bukti berupa 1 unit sepeda motor Honda Supra yang digunakan untuk menarik gerobak, 1 buah gerobak untuk mengangkut besi curian, 31 lonjor besi kanal C, 3 set rangka besi kanal C dan 1 buah ransel yang berisi gergaji besi, gergaji kayu, kunci inggris, 2 bilah golok, palu, kunci pas serta tali. Saat ini tersangka dalam proses penyidikan di Mapolsek Purwosari.

Penulis : Kasihumas Polsek Purwosari, Aiptu I Kadek Sudiana.