UNTUK MENGHINDARI LAKA LANTAS, SOPIR BUS DAN ANGKOT DI TES URINE

IMG-20151228-WA0005Pada perayaan Natal 2015 dan perayaan Tahun Baru 2016, serta dalam perayaaan tersebut bertepatan dengan adanya libur panjang, sehingga banyak orang / masyarakat yang bekerja di luar kota memanfaatkan momen tersebut dalam merayakan Natal dan Tahun Baru sambil berlibur di tempat wisata atau berlibur pulang kampung halamannya untuk bertemu dengan keluarga di kampung, dan bagi orang yang mampu dan memiliki kendaraan sendiri akan menggunakan kendaraannya untuk berlibur atau pulang kampung, namun bagi orang yang tidak memiliki kendaraan sendiri maka kendaraan angkutan umum yaitu Angkot dan kendaraan Bus penumpang umum  yang dipilihnya untuk pulang kampung dan berwisata ditempat-tempat wisata dan dengan adanya kegiatan masyarakat yang bersamaan pulang kampung dan berpariwisata tersebut, maka jalan raya Protokol khususnya yang menuju ke tempat-tempat wisata akan mengalami peningkatan dan kepadatan arus lalu lintas sehingga bisa menimbulkan rawan kecelakaan dan tidak jarang terjadi kemacetan arus lalu lintas.

Dalam mengantisipasi terjadinya laka lantas dan kemacetan tersebut Polres Pasuruan telah mendirikan Pos Pengamanan sebanyak 6 Pos pam di jalur Protokol yang rawan laka dan rawan kemacetan dengan masing-masing Pos Pam disisi dengan 25 anggota  berpakaian dinas lengkap selama 24 jam guna melakukan pengamanan, pengaturan, dan penjagaan serta Patroli.

Akan tetapi tidak hanya itu saja yang dilakukan Polres Pasuruan untuk memberikan kemanan, kenyamanan bagi warga masyarakat yang pulang kampung atau berwisata lewat jalur protokol yang melalui wilayah hukum Polres Pasuruan dan juga untuk mengantisipasi agar tidak terjadi laka lantas dalam rangka merayakan Natal dan Tahun Baru 2016 serta menikmati liburan panjang, dan atas perintah Kapolres Pasuruan AKBP SOELISTIJONO, S.I.K., M.H. kepada Kasie Dokkes Polres Pasuruan agar melakukan Test Urine dan pemeriksaan kesehatan bagi para Sopir angkutan umum ( Sopir angkot/ sopir Bus penumpang)  yang bertempat didalam  Terminal angkutan umum Pandaan  ( Angkot dan Bus Penumpang) termasuk Kel. Pandaan  Kec. Pandaan  Kab. Pasuruan.

Dr. Patria Rusli dan bersama dengan Tim Sie Dokkes Polres Pasuruan sebanyak 6 anggota pada hari Senin (28/12/2015) dimulai jam 09.00 Wib, hingga selesai bekerja sama dengan Fungsi Lantas dan Dishub telah melaksanakan giat Test Urine kepada para Sopir angkutan umum di dalam terminal Pandaan dengan cara yaitu seluruh kendaraan ( Angkot dan Bus penumpang umum) yang masuk terminal diberhentikan sejenak dan sopir disuruh turun selanjutnya di beri pengertian tentang maksud dan tujuan giat Test Urine dan pemeriksaan kesehatan tersebut, setelah para sopir mengerti selanjutnya proses pengambilan air kencing dan selanjutnya di lakukan Test urine, akan tetapi sebelum pelaksanaan Test Urine dimulai terlebih dahulu para sopir di lakukan pemeriksaan kesehatan dengan cara yaitu Test tekanan darah yang dilakukan oleh Tim Kesehatan. Dan hasilnya ada  5 orang sopir yang terkena penyakit Darah Tinggi dan selanjutnya oleh Tim Kesehatan di berikan obat penurun tekanan darah tinggi, dan juga diberikan vitamin untuk menambah stamina kesehatan.

Dari  pelaksanaan Test Urine tersebut  petugas telah memeriksa sebanyak  25 sopir yang antara lain 13 Sopir Angkot dan 12 sopir Bus penumpang umum dan hasilnya yaitu “Semuanya Negatif dari kandungan Narkoba”. Apa bila ditemukan ada sopir yang positif dan menggunakan Narkoba, maka sopir tersebut akan di tindak dan diproses sesuai dengan hukum yang belaku, mengingat apabila seorang sopir saat bekerja mengemudikan kendarannya dan memuat banyak penumpang telah menggunakan Narkoba, maka akibatnya akan bisa fatal dan sangat mudah terjadi kecelakaan lalu lintas dijalan raya sehingga akan merugikan banyak orang dijalan raya khususnya para penumpang di dalamnya”, Ujar Kasubsatgas Humas Satgas V Ops Lilin Semeru 2016   AKP MUJIATI. / (humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>