Kanit Binmas Polsek Purwosari Hadiri Pekan BAZNAS

728f614e-c766-42b0-8616-e93a9d936a2dPurwosari – Jumlah zakat, infaq dan shodaqoh yang dikumpulkan dari Pejabat Pemerintah Kabupaten Pasuruan mencapai Rp 373.967.000 atau naik 300 % dari tahun sebelumnya. Dana tersebut diserahkan ke Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pasuruan untuk disalurkan ke dhuafa dan diberikan kepada pelajar tak mampu hingga warga miskin yang berniaga.

Zakat, infaq dan shodaqoh para seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) tersebut diserahkan oleh Ketua Baznas Kabupaten Pasuruan, KH Sonhaji Abdussomad beliau mengungkapkan, pihaknya menargetkan bisa menghimpun zakat selama bulan Ramadan 2017 sebesar Rp 2 miliar.

“Penyaluran zakat melalui Baznas ini merupakan langkah untuk memaksimalkan fungsi Baznas dan juga merupakan langkah yang harus didukung bersama. Baznas bisa menjadi badan amil yang bisa mendistribusikannya kepada masyarakat yang berhak untuk mendapatkannya serta memberikan motivasi kepada masyarakat agar bisa menyalurkan zakat melalui Baznas,” kata KH Sonhaji Abdussomad usai menyerahkan zakat.

Turut hadir dalam penyerahan itu Sekda Kab. Pasuruan Agus Setiaji, Ketua PJ NU KSB Pasuruan K.H. imron, Kepala Dinas Kab. Pasuruan dan jajaran Forkopimka Kab. Pasuruan.

“Baznas diharapkan bisa mengelola potensi zakat untuk mewujudkan kesejahteraan, menanggulangi kemiskinan, membangkitkan ekonomi kerakyatan dan memoderasi kesenjangan,” kata IPDA SUNARDI selaku wakil dari Kapolsek Purwosari.e442676e-457d-437e-ab72-97ac892c1934

“Zakat terdiri dari zakat fitrah, mal, infak dan sedekah dari masyarakat. Tahun 2016 terhimpun Rp 2 miliar. Tahun ini kami yakin angka itu tercapai, semoga bisa lebih,” katanya demikian tutup ketua BAZNAS Kabupaten Pasuruan KH.Sonhaji Somad.

Gus Shon, sapaan akrab mantan Ketua PCNU Kabupaten Pasuruan, ini mengatakan pihaknya menghimpun zakat, infak dan sedekah dari pegawai Pemkab Pasuruan, para guru PNS, perorangan dan para pengusaha.

“Selain disalurkan ke masyarakat umum yang membutuhkan, zakat juga kami salurkan lewat baksos, para pelajar yang benar-benar tidak mampu. Dari guru-guru, kami dapatkan informasi bahwa ada pelajar yang sangat membutuhkan bantuan, kami segera bantu,” jelasnya.

Pihaknya juga menyalurkan zakat kepada umat yang berniaga namun kekurangan modal seperti toko-toko kecil, pracangan dan usaha kecil lainnya dalam giat ini 1 orang masing-masing mendapatkan rombong dan uang tunai Rp1.500.000,- serta paket sembako program bantuan modal usaha pedagang kecil dan paket sembako bagi lansia untuk wilayah Purwosari, Purwodadi, Tutur dan Sukorejo.

Penulis : Purwo / Purwosari

Publis : Vn / hms

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>