POLSEK PURWOSARI GELAR OPERASI YUSTISI PENEGAKAN DISIPLIN BERMASKER SECARA STASIONER DAN MOBILING

IMG-20210913-WA0047

Purwosari – Polsek Purwosari melakukan Operasi Yustisi secara stasioner dan mobiling sebagai upaya penegakan disiplin memakai masker kepada seluruh warga masyarakat Kecamatan Purwosari pada hari Senin 13 September 2021.

Operasi Yustisi stasioner dilakukan di depan Pasar Purwosari pada pagi hari, sedangkan operasi Yustisi mobiling dilakukan pada sore hari di cafe, halte, pertokoan, warung, serta jalan raya Malang-Surabaya di wilayah Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan

Operasi Yustisi dilakukan berdasarkan Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020 tentang peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19 dan Peraturan Bupati Pasuruan Nomor 52 Tahun 2020 tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19 di Kabupaten Pasuruan.

Sasaran kegiatan yaitu pemakaian masker bagi warga masyarakat, pedagang kaki lima, karyawan pertokoan, karyawan pusat perbelanjaan serta pembeli, pengguna jalan di sekitar Simpang Tiga Purwosari, pedagang dan pembeli di Pasar Purwosari, warga masyarakat yang melintas di sekitar Simpang Empat Sengonagung dan melakukan hunting di sepanjang jalan Simpang Tiga Bakalan sampai dengan Simpang Tiga Puntir.

Dalam operasi yustisi kali ini ditemukan 16 pelanggaran ketentuan penggunaan masker. Seluruh pelanggar diberi teguran dan langsung diberi masker untuk dipakai. Pada kesempatan itu petugas menyampaikan himbauan antara lain agar warga masyarakat  dapat mematuhi Inpres dan Perbub terkait penanganan Covid-19, selalu menggunakan masker dalam kegiatan sehari-hari untuk mencegah penyebaran Covid 19. Patuh terhadap protokol kesehatan, cuci tangan, jaga jarak dan mengurangi mobilitas. Menjaga kesehatan dan mengkonsumsi vitamin / probiotik untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

Link foto :

Pelaksanaan Operasi Yustisi di bawah kendali Kapolsek Purwosari AKP Safiudin, S.Pd. Kegiatan di Pasar Purwosari secara stasioner melibatkan 13 personel yaitu Polri 4 orang, TNI 2 orang, Pol PP 3 orang dan petugas Pasar Purwosari 4 orang. Kegiatan mobiling di sore hari melibatkan 4 personel Polsek Purwosari.

Seluruh warga masyarakat tampak mendukung kegiatan razia pemakaian masker sehingga berjalan aman dan kondusif. Dengan razia masker diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk berperan aktif dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19.

Penulis : Kasihumas Polsek Purwosari, Aiptu I Kadek Sudiana.